Pages

Sabtu, 24 Maret 2012

MANFAAT DI BALIK BATUK


Pada umumnya, batuk lebih dipandang sebagai penyakit yang sangat mengganggu ketenangan apalagi saat bekerja. Batuk adalah bagian dari mekanisme pertumbuhan tubuh. Batuk yang baik dan efektif akan memberikan manfaat, yaitu membersihkan jalan napas dan mengeluarkan benda asing yang  tidak berguna di saluran napas. Sebaliknya, batuk yang tidak efektif dapat memperberat penyakit dan batuk yang berlebihan dapat menyebabkan komplikasi. Bahkan, jika tidak cepat diobati maka dapat menimbulkan kematian.
Jadi, di satu sisi batuk bermanfaat bagi kesehatan manusia karena dapat mengeluarkan zat-zat asing yang masuk dalam saluran napas. Namun, di sisi lain batuk juga dapat berbahaya bila tidak segera diatasi.
Manfaat batuk
Batuk sangat bermanfaat untuk membersihkan jalan napas atau mengeluarkan brnda-benda asing, baik yang berbentuk cairan maupun padat dari saluran napas yang mengganggu proses pernapasan kita. Pada penderita asma, dahak kental dapat menyumbat saluran pernapasan sehingga penderita mengalami kesulitan untuk bernapas. Di sini batuk memiiki peran penting karena batuk tersebut dapat dikeluarkan sehingga melegakan kembali saluran pernapasan penderita. Demikian juga penderita bronchitis kronik atau tuberkolosis paru-paru.
Kapankah batuk berbahaya?
Pada umumnya penyakit selalu menimbulkan bahaya bagi penderitanya. Batuk dikatakan berbahaya bila batuk tidak kunjung sembuh yang mengakibatkan penyakit bertambah berat atau menimbulkan penyakit lain ( komplikasi ). Kekuatan batuk yang tidak terkontrol juga dapat menyebabkan proses penyembuhannya menjadi lambat dan jika terjadi komplikasi akan mempersulit atau memperlambat proses penyembuhan penyakit lain.
Ada dua macam bentuk yang umum terjadi. Pertama, batuk berdahak yang efektif membantu mengeluarkan benda asing yang masuk dalam saluran pernapasan. Kedua, batuk tidak berdahak dan karena itu tidak efektif dan harus dihentikan.
Meskipun batuk itu penting dalam kehidupan kita, khususnya untuk membersihkan saluran pernapasan dari benda-benda asing, tetapi sebaiknya kita tidak menyepelekan batuk. Karena batuk dapat merupakan signal atau alarm yang menandakan adanya sesuatu yang “salah” dalam tubuh kita.
Akan tetapi, tidak ada salahnya batuk itu diwaspadai. Apabila sudah berkepanjangan, maka hal itu dapat menunjuk pada satu hal, mungkin ada penyakit serius yang sedang menyerang tubuh kita terutama, apabila setelah tiga hari minum obat, gejalanya juga tidak mereda, maka kita harus segera minta pertolongan dokter.                             


                                                                         
                                                                                         Sumber : Media Indonesia

                                                                                            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar